Fakta Emas di Bumi

Emas di Bumi Berasal dari Luar Angkasa , hasil dari Ledakan Bintang yang dahsyat


Mengapa di bumi ada emas?

Asal-usul emas pertama kali diungkap dalam konferensi pers di Harvard Smithsonian Center for Astrophysics pada 2013 lalu. Astronom mengatakan bahwa emas berasal dari peristiwa tumbukan antar dua bintang neutron yang melepaskan beragam unsur berat.

Tumbukan bintang neutron disebut sebagai salah satu fenomena terdahsyat di alam semesta dan diduga hanya terjadi setiap 10.000 tahun sekali.

Emas di planet kita diperkirakan berasal dari peristiwa tumbukan bintang neutron di Bimasakti, dan dikirim ke Bumi lewat meteor atau asteroid. Emas yang terdapat di Bumi juga diyakini ilmuwan bisa berasal dari supernova, pediode dimana sebuah bintang tak lagi melakukan reksi nuklir dan kemudian meledak. Ledakan bintang tersebut menyebarkan partikel bermuatan netral (neutron) di luar angkasa. Neutron kemudian bergabung dengan zat lain, seperti besi. Ketika besi terlalu banyak bergabung dengan neutron, maka lama kelamaan dia akan berubah menjadi logam dengan massa yang lebih besar, yakni perak. Perak kemudian bisa 'memakan' neutron dalam jumlah besar hingga akhirnya menjadi emas.

Jika emas masih terus bergabung dengan neutron, maka ia akan menjadi timbal, sebelum akhirnya menjadi zat radioaktif Uranium.
Share on Google Plus

About TIPSGUGUM.COM

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar